Header Ads

Tempat Air Minum Paling Murni Dunia

Tempat Air Minum Paling Murni Dunia

Tempat Air Minum Paling Murni Dunia


Air minum paling murni diklaim bukan dari pegunungan tropis atau daerah terdalam perut bumi. Lalu dari manakah asalnya?

Dilansir dari BBC Travel, Rabu (4/10/2017), gunung es yang berhenti di Qikiqtarjuaq, Nunavut, Kanada adalah tempatnya. Es-es ini dalam perjalanan ke selatan dari Selat Davis kemudian terhalang oleh perairan dangkal. 

Gunung es di sekitar Nunavut telah terbentuk selama ribuan tahun. Saat salju turun, salju di bawahnya membuat es semakin solid juga padat dari waktu ke waktu lalu mengubah teksturnya menjadi lapisan es kristal. 

Dari lapisan es inilah gletser berasal. Karena arus yang kuat, banyak gunung es dari daerah lain di Kutub Utara berakhir di Nunavut dan menjadikannya ibu kota gunung es dunia.

"Es dan udara, itulah dasarnya. Air yang berasal darinya sangat murni, sudah dipercaya dan pembuatannya itu ribuan tahun yang lalu. Sehingga membuat bakteri yang tumbuh di dalamnya akan sangat sedikit," jelas Derek Mueller, seorang ahli glasiologi dari Universitas Carleton Kanada.

Air es tidak memiliki mineral tertentu dan tentu berbeda dengan air tanah yang bergerak naik melewati lapisan bumi, membuatnya sangat murni. Orang-orang di Qikiqtarjuaq pun mengumpulkannya langsung dari gunung es.

"Begitulah cara kita membuatnya (mengambil air minum). Itu bagian dari budaya dan kita harus menghormati itu dan kita masih melakukan itu. Memotong es, mencairkan, lalu meminumnya," kata Mary Killiktee wali kota wanita pertama di Qikiqtarjuaq.

Komunitas atau inuit atau orang-orang yang tinggal di wilayah Arktik ini tidak besar. Setidaknya tidak lebih dari 500 orang jumlah penduduknya dan mereka semua saling mengenal. 

Mengenal dusun tersebut, merupakan sebuah pulau kecil yang juga disebut Qikiqtarjuaq yang secara harfiah berarti pulau besar tepat di lingkaran wilayah Arktik. Salah satu komunitas di wilayah Nunavut yang paling dekat dengan Greenland di Taman Nasional Auyuittuq. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.