Header Ads

Sempat Dituduh Jual Data ke Pihak Asing, Ini Penjelasan Susi

Sempat Dituduh Jual Data ke Pihak Asing, Ini Penjelasan Susi

Sempat Dituduh Jual Data ke Pihak Asing, Ini Penjelasan Susi


Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, sempat dituduh membongkar rahasia negara ke luar negeri. Sebab, Susi sudah memberikan data Vessel Monitoring System (VMS) agar bisa diakses Global Fishing Watch (GFW) yang bekerja sama dengan Google.

Susi menampik tuduhan membuka data VMS ke perusahaan asal Amerika Serikat tersebut dianggap menjual data. Pembukaan data dilakukan murni agar aktivitas kapal yang mencurigakan bisa ikut dipantau oleh publik.

Lewat sistem pengawasan yang dikembangkan Google tersebut, masyatakat bisa ikut mengakses data pergerakan kapal lewat situs www.globalfishingwatch.org.

"Google Fishing Watch supaya kalian tahu dan kalian bisa jadi salah satu pengamat dan pelapor ke publik atau otoritas apa yang terjadi di web Google Fishing Watch masing-masing. Itu juga menepis anggapan bahwa Susi jual rahasia negara," ucapnya di kantor KKP, Jakarta, Selasa (17/8/2017).

Sambil berkelakar, Susi mengaku hanya mendapatkan sebuah kaos dari Google. Itu pun ukurannya kurang pas dengan badannya.

"Katanya Susi menjual rahasia negara ke asing. Saya tidak dapat apa-apa. Hanya dapat kaos Google, itu juga kekecilan," ucap Susi. 



sumber : detik.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.