Header Ads

Gema Takbir Berkumandang di Jakarta Menyambut Idul Fitri

Gema Takbir Berkumandang di Jakarta Menyambut Idul Fitri

Gema Takbir Berkumandang di Jakarta Menyambut Idul Fitri


Kementerian Agama RI telah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1438 H jatuh pada tanggal 25 Juni 2017. Seketika suara takbir menggema dari berbagai penjuru di Ibu Kota.

"Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, la ilaha illa Allahu Allahhu akbar, Allahu akbar wa lillahilham," bunyi suara takbir yang menggema di wilayah Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Sabtu (24/6/2017).

Suara takbir tersebut terus terdengar secara bergantian dari berbagai masjid yang ada di Ibu Kota. Gema takbir tersebut juga diiringi dengan suara letusan kembang api.

Melalui sidang isbat yang dilakukan di kantor Kementerian Agama petang tadi, pemerintah telah menetapkan 1 Syawal jatuh pada Minggu, 25 Juni 2017, esok hari. Hal ini didasarkan laporan berbagai wilayah di Indonesia dan melalui kesepakatan.

"Atas dasar laporan tersebut, seluruh peserta sidang sepakat bahwa malam ini telah memasuki 1 Syawal 1438 H," ujar Menag Lukman Hakim Saifuddin di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6/2017).

Hilal terlihat di empat wilayah, yakni Kupang, Nusa Tenggara Timur, dan dua lainnya berada di wilayah Gresik, Jawa Timur. Rangkaian sidang isbat diawali pemaparan Tim Badan Sidang Hisab Rukyat Kemenag terkait posisi hilal secara astronomis pada tanggal 29 Ramadan 1438 H.

"Dan demikian mulai besok kita bersama melaksanakan salat Id, salat Idul Fitri, sebagaimana ketentuan. Dan dengan demikian kita telah berhasil menyepakati sekaligus menetapkan bahwa mulai malam ini kita telah memasuki 1 Syawal 1438 H," jelas Lukman.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.