Header Ads

Tukang Tahu Keliling Naik Haji, Begini Reaksi Warga Sukabumi

Tukang Tahu Keliling Naik Haji, Begini Reaksi Warga Sukabumi
Tukang Tahu Keliling Naik Haji, Begini Reaksi Warga Sukabumi

Sosok Mang Dedi (63), tukang tahu keliling di Sukabumi, ramai diperbincangkan warganet. Lelaki tersebut menabung selama 10 tahun demi mewujudkan niatnya menunaikan ibadah haji. Kisah keuletan dan kegigihan Mang Dedi viral di media sosial.

Banyak kesan positif dialamatkan kepada pria bernama asli Dedi Somantri, warga Kampung Selaawi, Desa/Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Mayoritas warga Cisaat tak asing dengan bapak satu anak ini.

Salah satunya Halimah (58). Ibu tujuh anak ini mengenal baik Mang Dedi. Bahkan, semua anak Halimah yang turun temurun bersekolah di Madrasah Diniyah (MD) Lebak Sirna sebagai pembeli setia tahu dagangan Mang Dedi.

"Tujuh anak saya semuanya kenal Mang Dedi. Dulu anak-anak saya ini langganan tahu Mang Dedi. Kemarin anak saya bilang Mang Dedi mau naik haji, kabarnya ramai di WhatsApp dan Facebook," kata Halimah seraya menunjukkan foto Mang Dedi di ponselnya.

Halimah tidak menyangka bakal bareng dengan Mang Dedia untuk ibadah haji. Keduanya berjumpa usai pelatihan haji di Islamic Centre, Cisaat, Sukabumi, Sabtu (15/7/2017).

"Mang Dedi ini suka bercanda, kan suara beliau ini kecil jadi mirip perempuan. Suka niru-niruin dan itu salah satu cirikhas beliau ini. Saya enggak menyangka selama ini beliau ulet jualan tahu untuk berangkat haji," tutur Halimah terharu.

Halimah masuk ke kloter 30, sedangkan Mang Dedi Kloter 37, "Saya berangkat lebih dulu. Nanti ketemu di sana ya mang, lanjutin silaturahminya di Tanah Suci," ucap Halimah seraya berpamitan ke Mang Dedi yang berdiri di sampingnya.

Sejak 1990, Mang Dedi berjualan tahu keliling dengan berjalan kaki menempuh jarak belasan kilometer. Hujan dan panas ia lalui demi cita-citanya menunaikan rukun Islam kelima.

Banyak warganet yang membagikan ulang cerita berbeda tentang sosok Mang Dedi di media sosial. "Pernah beli tahu beliau, dan waktu saya SD Suka beli Tahunya di depan skolah. Dan kemarin-kemarin sempat ketemu Masih jualan tahu. Eh ternyata... Jualan tahu.. Buat naik haji. Barakallah mang.." tulis Yogi Slamet pengguna Facebook asal Sukabumi.

Respons serupa diungkapkan akun bernama Rizki Rhamdhani Abi Fatih. "Subhanallah .... Mang DEDI tukang tahu keliling dari sejak sy SD tanpa rasa lelah ..panas, Hujan tetap keliling jualan Tahu Kini sedang Manasik Haji. In syaa Allah beberapa hari lagi berangkat Ibadah Haji," tulis Rizki.

sumur detik.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.