Header Ads

Jokowi, TNI dan Rakyat Itu Ibarat Air dan Ikan

Jokowi, TNI dan Rakyat Itu Ibarat Air dan Ikan

Jokowi, TNI dan Rakyat Itu Ibarat Air dan Ikan


Presiden Joko Widodo mengatakan TNI harus selalu hadir untuk rakyat. Dia mengibaratkan, TNI dan rakyat itu ibarat air dan ikan yang tak bisa dipisahkan.

Jokowi mengatakan, TNI harus terus menumbuh kembangkan mental bela negara. Selain itu, mental persatuan dan kesatuan bangsa juga harus dibangun oleh TNI.

"TNI dan rakyat itu seperti air dan ikan tak bisa dipisahkan. Karena itu buatlah tenteram hati rakyat, pupuk toleransi antar umat beragama, pupuk persatuan dan pupuk kesatuan kita," kata Jokowi dalam sambutan buka puasa bersama di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (19/6/2017).

Jokowi mengatakan, di minggu terakhir Ramadan ini dirinya melihat seluruh perwira tinggi dan prajurit TNI tetap semangat berpuasa. "Dan di bulan yang suci ini kita beri kesempatan untuk meningkatkan ibadah kita bukan hanya dalam habluminallah tetapi juga dalam habluminannas. Sebagai aparat negara dan prajurit kita mempunyai tanggung jawab yang besar," katanya.

Jokowi juga menyampaikan pesan yang pernah diucapkan oleh Panglima Besar Jenderal Sudirman, bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan hak milik nasional yang selalu utuh dan tidak berubah. 

"Yaitu tidak berubah dalam menjaga NKRI dalam merawat Pancasila serta menguatkan persatuan dalam kebhinnekaan," katanya.

Jokowi juga mengatakan, tantangan bangsa ke depan semakin kompleks. Banyak tantangan tantangan baru bermunculan, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat, baik dalam kehidupan nyata maupun di dalam dunia digital.

"Penyebaran paham terorisme dan perongrong ideologi negara harus dihentikan, jangan sampai mereka memakan korban lagi. Jangan sampai jatuh korban lagi," katanya.

Pada momentum menjelang hari raya Idul Fitri 1438 H ini, Jokowi meminta TNI memberikan dukungan penuh pada Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Masyarakat menunggu hasil kerja nyata kita, terus tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme kerja kita," katanya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.