Header Ads

Selaput Dara yang Robek Bisa Direkonstruksi Lewat Operasi

Selaput Dara yang Robek Bisa Direkonstruksi Lewat Operasi

Selaput Dara yang Robek Bisa Direkonstruksi Lewat Operasi


Hymen atau selaput darah merupakan membran tipis yang mengelilingi pembukaan vagina. Meski seringkali identik dengan keperawanan, tapi tidak semua perempuan memiliki elastisitas selaput dara yang sama.

Ada perempuan dengan selaput dara mudah robek, tetapi juga ada yang tak robek sama sekali. Namun, robeknya selaput dara bisa disebabkan oleh kecelakaan maupun hubungan seksual.

Menurut wakil ketua Perkumpulan Menopause Indonesia Cabang Jakarta Raya (PERMI RAYA), dr Ni Komang Yeni DS, SpOG atau yang akrab disapa dr Yeni, selaput dara yang robek bisa direparasi dengan cara tindakan operasi.

"Hymen bisa direkonstruksi. Jatuh waktu kecil, kecelakaan, bisa juga sudah berhubungan. Apapun penyebabnya bisa dikoreksi," kata dr Yeni.

"Kita bikin hymen baru, kita lihat lagi, kita lihat seberapa kerusakannya, kalau kerusakannya jaraknya banyak bagian yang hilang atau terlepas sama sekali, tentunya kita nggak bisa lagi, terlalu jauh kalau kita dekatkan," sambung dr Yeni.

Belakangan sedang tren penggunaan teknologi terbaru untuk melakukan operasi peremajaan vagina dengan sebutan laser vaginal rejuvenation. Meski demikian, imbuh dr Yeni, laser vagina tidak bisa digunakan untuk mengembalikan keutuhan selaput dara.

"Laser nggak bisa. Kalau sudah robek itu nggak bisa nyatuin lagi (dengan laser atau apapun selain pisau dan jahit dengan benang -red). Ini kita bikin permukaan baru lalu kita satukan lagi," pungkas dr Yeni.



sumber : detik.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.